Assessment AUN QA Pendidikan Kimia

Apa itu AUN?

AUN merupakan singkatan dari ASEAN University Network yang berdiri pada tahun 1995. Badan ini didirikan untuk memperkuat jaringan perguruan tinggi terkemuka di negara-negara anggotanya untuk meningkatkan solidaritas dan mengembangkan identitas regional melalui pengembangan sumber daya manusia. Awalnya beranggotakan 13 Universitas, termasuk Universitas Indonesia. Saat ini beranggotakan 30 Universitas di seluruh ASEAN. Selengkapnya dapat dilihat pada lamanhttp://www.aunsec.org/site/main/web/index.php

AUN QA (AUN Quality Assurance)

AUN Quality Assurance (AUN QA)adalah salah satu kegiatan yang dilakukan olehAUNyang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN. Dengan demikian program penjaminan mutu ini bersifat regional ASEAN. AUN menterjemahkan QA sebagai pemantauan kualitas secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas. QA menjadi poin penting dalam pendidikan tinggi terutama di ASEAN untuk meningkatkan posisi tawar universitas dalam menjawab tantangan jaman.

AUN QA Assesmendilakukan pertama kali diUniversity of Malayapada tahun 2007. Sampai tahun 2011 telah terdapat 32 program studi dari 7 Universitas anggota Asean University Network telah menjalani AUN QA Assesment.

Pada tanggal 4 – 6 April 2017, Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga melaksanakan visitasi AUN QA.

Bagaimana AUN QA dijalankan

AUN QA merupakan sebuah assessment dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisanSAR (Self-Assesment Report). PenulisanSARini merupakan proses penjaminan mutu internal sebuah program studi atau institusi yang selanjutnya diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukanAction For Improvementterhadap hasilSAR. Setelah itu akan dilakukan visitasi oleh tim Reviewer dari anggota AUN yang berasal dari Negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan dan diperoleh rekomendasi untuk perbaikan di masa datang.